?

Log in

sekilas tentang aritmia

sesuai namanya aritmia (a = tidak, ritmia=ritmik/irama), jadi aritmia adalah kondisi dimana irama jantung tidak normal. Pada kondisi normal, jantung akan berdetak dalam rentang 60-100 kali/menit, dengan SA node sebagai sumber impuls. Jika ternyata jantung kita mempunyai sifat diluar itu, maka dapat dikatakan aritmia. Kondisi aritmia ini sendiri berbagai tingkatannya. Dari mulai tidak berbahaya hingga dapat mengakibatkan kematian... 



(to be continued)

Bagaimana sih jantung memompa darah?

Jantung mempunyai sel yang khusus dari pada organ lainnya. Jantung terdiri dari sel-sel namanya sel jantung. Sel ini mempunyai sifat khusus yaitu dapat menjadi sumber impuls. Diantara sel-sel ini, terdapat sekumpulan sel yang mempunyai sifat otomatis yang  tertinggi diantara sel-sel jantung lainnya, dinamakan pace maker. Nah dari pace maker inilah sumber impuls jantung.
Pace maker utama yang dimilik jantung  terletak di bagian atrium, dinamakan SA (sino atrial) node.  Impuls dari SA node ini akan menyebar ke seluruh bagian atrium jantung, pada saat ini  otot-otot jantung di daerah atrium yang terkena impuls akan mengalami kontraksi. Darah yang terdapat di atrium (baik kiri maupun kanan)  terpompa ke dalam ventrikel. Pada saat itu, impuls juga mencapai  AV (atrioventrikular) node dan mengakibatkan AV node menghasilkan impuls dan disebarkan ke seluruh bagian ventrikel (baik kiri maupun kanan) melalui budndle His dan diteruskan ke serabut  purkinje. Pada saat seluruh otot jantung bagian ventrikel terkena impuls maka otot ventrikel akan berkontraksi.  Kontraksi otot ventrikel ini menyebabkan darah yang berada di ventrikel akan terpompa keluar.  Jika darah berada pada ventrikel kiri, maka darah akan dipompa ke seluruh tubuh melalui pembuluh arteri. Sementara jika darah berada pada ventrikel kanan, maka darah akan dibawa ke paru-paru untuk  'dibersihkan' melalui arteri pulmonalis.

http://heartpoint.com  





Note : Maha Suci ALLAH yang mengizinkan jantung ini dapat berdetak dengan normal...




Nov. 8th, 2008

Tidur malam sebenarnya sudah jadi kebiasaanku sejak SMP dulu. menurutku waktu saat malam itu begitu tenang dan full of inspiration...malam ini pun seperti itu. hanya saja ada sedikit beda...karena sebentar lagi menginjak tanggal 8 November. Makanya berhubung ini adalah hari lahirku jadi harus diabadikan dengan menulis diblog ini. Milad? hari lahir? biasanya kalau hari lahir tiba..dyne suka dapat hadiah dari mamah dan bapak tersayang...tapi november tahun ini..dyne sadar..tiada hadiah yang lebih berharga selain kehadiran mamah dan bapak dalam hidup dyne. Tahun 2008, hampir saja aku kehilangan keduanya...Mungkin Allah hanya ingin mengingatkan..betapa berharganya mamah dan bapak dalam hidupku.
Agustus 2008 --> bapak kena serangan stroke
September 2008 --> mamah masuk sumur 
Thanks God...You still give me chances 
then finally tulisan ini pun menjadi tulisan pertamaku di usia 24..hohohoho meni sombong nya?






hati manusia..(hohohoho...)

kenapa mesti judul postingnya seperti itu ya??? full of feeling banget...mukya!! (ceuk denzky mah..).
Actually ga tau mau nulis apa..tapi berhubung sudah lama tak menulis..dan lagi pengen nulis...walau ga ada bahan berbobot oge  hajar aja lah..hehehe -emang tulisan yang dulu-dulu berbobot gitu??-
Manusia memang aneh..hatinya ga bisa dijamin bakal tetap. Thats what happen to myself...Sesuatu telah berubah pada diriku, aku sadari dan aku nikmati..hehehe..thanks God. What is it? naon cik???
Sudah 3 (tiga) pekan kuliah...Presentasi Aritmia Jantung untuk kuliah Farmakoterapi, Tugas Undang-Undang dari Pak Asari dan Pak Soeryadi, Tugas Ilmu Komunikasi dari Ibu Lili dan Ibu Anis mulai mengantri untuk segera diselesaikan. Pekan ini tutorial pun dimulai...otomatis jadwal pulangku pun semakin malam saja.
Ada hal aneh yang..akhirnya kurasakan...Aku menikmati semuanya..Tertidur di ruang tengah karena mengerjakan tugas, terbangun dini hari untuk mendalami beberapa materi (ajaibnya..ga tidur lagi..padahal kan hobiku tidur hehehe), pulang malam, berangkat lebih pagi, nongkrong diperpustakaan kampus, bermimpi untuk berkarir dan mengambil S2, merencanakan liburan ke Bali lagi..(tapi backpacking sama  yuke..ada yang mau ikut???insyaALLAH Juni 2009..hehehe..), berhasrat  berlibur ke negara 4 musim..
Mengapa aneh? 
dari mulai masuk S1 hingga satu semester profesi apoteker kemarin..yang dirasakan adalah..'ingin segera lulus' karena ga betah dan ga suka Farmasi,ngerjain tugas ga niat, banyak ngeluh, menyembunyikan diri dari tatapan dosen, datang kuliah mepet-mepet, pulangnya paling cepet, tidur dikelas,berniat menikah karena bosen dengan kehidupan yang sendirian (bari jeung 'bekel' menikah blm ada apa-apa), selain menikah, hal yang buat interest diriku zaman dulu itu ya..jalan-jalan dan liburan..thats all. Malahan..dulu mah bingung, kok bisa ya teman-teman ga berpikir untuk menikah segera..hehehe..
Entah mengapa jadi begini...karena liburan yang aneh itu kali ya? yang perlahan tapi pasti mengubah perasaanku..hohoho...How come??Ternyata..aku benar-benar tak berkuasa atas apa pun..termasuk hatiku..so..accept whatever we get and gratefull for it..hehe..tapi inget...bersyukur kan tidak hanya bilang Alhamdulillah..setujuuuu??

aneh

'neng, hewan mamalia adalah hewan yang menyusui dan melahirkan anaknya, akan tetapi ada hewan mamalia yang bertelur seperti bebek dan platypus..nahanya? bebek mamalia gitu? ari platypus teh naon?' dari meja makan yang berubah jadi tempat menulis itu mamahku yang duapuluh tahun ngajar fisika tok garuk-garuk kepala kebingungan baca salah satu textbook biologi..secara gitu sekarang mamah mesti ngajar biologi juga...yang boro-boro mamah..dyne sendiri juga banyak lupanya pelajaran SMP teh.
hohoho...
mode bengong sempet on heula untuk beberapa detik...
aneh sih membayangkan bebek menyusui anaknya... hehehe...
next..mikir.. karena kasian mamah..dan gengsi juga masa sarjana lulus tapi bantu orang tua cari jawaban ga bisa...
next..seaching di internet dong..karena dinget-inget mah bisi salah..
Ternyata...
Platypus memang bertelur..tapi kemudian setelah telur menetas..dia menyusui anaknya (hwa...so sweet..) so..itulah mengapa platypus tergolong mamalia. BTW platypus lucu deh...bibirnya kayak bebek..badannya kayak berang-berang gt...ndut lagi..lagi menyusui harus banyak asupan nutrisi meureun nya. 
Next..
bebek..bebek klasnya itu aves..artinya unggas..dia menyusui anaknya ga sih?perasaan ga deh...soalnya ga pernah liat bebek gendong anaknya euy. 
Next..
inget pelajaran biologi waktu SMA yang ngajar waktu itu Pak Yoyo..mamalia itu asal katanya dari mamae..artinya punya kelenjar susu..begitu..
Kesimpulan...
1. Mamalia adalah hewan yang memiliki kelenjar susu dan melahirkan..tapi ada juga yang bertelur contohnya platypus...
2. Bebek termasuk aves..bukan mamalia
3. Duh kondisi pendidikan Indonesia makin aneh aja...

O iya..kesimpulan ini..kesimpulan dyne aja..Bisi ternyata ada teman yang sudah mengetahui bahwa ternyata bebek berkelenjar susu dan ada pembuktian ilmiah..kabar-kabari ya...

Ada..

Saat kata tak bicara
Hanya diam menyerap makna
Akankah cita ini terwujud?

menabur kata penuh kasih
membagi semangat dan ketulusan pengabdian

Mungkin bias pelita ini hanya sesaat
Mungkin sinar mentari ini hanya sekejap
tapi ia pernah ada..
ia pernah ada, kawan...

dan pasti akan datang kembali
menjemput impian dalam kata..

Air..

Tetes air jernih
membelai dedaunan
menegarkan dalam kedinginan

Tetes air jernih
mengusap mukaku
menundukkan keangkuhan

Tetes air jernih
tersekat dalam kerongkongan
menahan kerinduan

Tetes air jernih...berbeda konteks
Berbeda perasaan
Berbeda situasi
Berbedasegala sesuatu yang dibedakan

Bingung?!
Memang !!!
Rumput itu tegak berdiri
Tapi kadang terbuai angin barat
dan terbujuk angin timur
Ketika tetesan embun merayapi sekujur tubuhnya
Kembali rumput itu tegak berdiri
Tapi...
Siang selalu datang menguapkan embun 

What kind Ice Cream I am?????

You Are A Strawberry Ice Cream Girl
Sweet. Romantic. Genuine.

Sweet???

Romantic???

Genuine???

Gyahahahahahaha.....is it me??

a pie???


You Are Lemon Meringue Pie
You're the perfect combo of sassy and sweet.
You always know how to brighten someone's mood, but you're not overly sappy.
In fact, you can be a bit too honest at times. And most people find that refreshing.
While you're always true to yourself, you keep things light. That's how people are able to stomach your slightly bitter outlook.

Those who like you have well refined tastes.
You're complicated - and let's face it - a true enigma.
You enjoy defying expectations, and there are many layers to your personality.
There's not one easy way to define you.